Kara Kuri AGV (Automatic Guided Vehicle)

Pemesanan AGV hubungi PT. Adiyasa Abadi.

 

Kara Kuri AGV (Automatic Guided Vehicle)

Kara kuri AGV adalah robot berbentuk mobil yang dapat berjalan sesuai jalur yang sudah ditetapkan dan sesuai dengan kebutuhan. Kara kuri AGV dibuat untuk mengembangkan teknologi industri khususnya di Indonesia. Mobil robot ini dapat digunakan untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain. Kara kuri AGV adalah suatu pengembangan teknologi di bidang mobile robot. Kara kuri AGV juga berfungsi sebagai alat transportasi yang dapat dikendalikan secara otomatis.

Fungsi dari dibuatnya mobil robot ini adalah untuk mengurangi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh pekerja. Kara kuri AGV dibuat berdasarkan rancang bangun. Perangkat pendukung mobil robot yaitu mekanik mobil robot, sistem kendali mobil robot, sensor, dan actuator mobil robot.

Pada bagian mekanik mobil robot ini adalah roda penggerak, lalu kerangka dari mobil robot ini terbuat dari acrylic dan alumunim. Sistem kontrol mobil robot menggunakan sebuah mikrokontroler ATMega16 sebagai master, sensor menggunakan 8 buah fotodioda yang berguna sebagai pembaca garis, sensor ultrasonik SRF04 yang mempunyai fungsi untuk membaca ketika ada benda yang menghalangi sesuai dengan jarak yang telah ditentukan.

Aktuator mobil robot ini menggunakan 2 buah motor power window sebagai penggerak utama mobil robot, LCD berfungsi untuk menampilkan data sensor yang ada, lalu dibuat gerbong tambahan untuk tempat meletakkan barang yang akan diangkut. Jalur dibuat dari selotip berukuran sedang, sehingga sensor yang bisa membaca hanyalah satu hingga dua sensor saja.

Dengan demikian sensor yang mengenai garis akan ditampilkan di LCD dan mengatur pergerakan mobil robot ini. Apabila seluruh sensor terbaca maka secara otomatis mobil akan berhenti, tapi jika tidak ada sensor yang terbaca maka mobil robot akan mencari garis. Selain data sensor garis, ada juga data sensor ultrasonik.

Apabila jarak kurang dari 10 cm secara otomatis mobil robot akan berhenti, tapi jika benda yang menghalangi ditiadakan atau jarak lebih dari 10 cm maka mobil robot otomatis bergerak kembali. Dalam pengujian jarak sensor ultrasonic terhadap penghalang yang ditampilkan di LCD mempunyai tingkat kesamaan 100% dengan jarak yang diukur menggunakan penggaris.

Alat ini bisa menarik beban, tapi saat beban bertambah, maka kecepatan mobil robot ini akan menurun, itu dikarenakan tidak adanya sistem otomatis yang mendeteksi adanya perbedaan berat beban.

 

Bagi Anda yang memerlukan design, konsultasi dan ingin memesan dapat menghubungi kami sebagai berikut :

 

PT.ADIYASA ABADI

Kami adalah manufacturing dan pembuat AGV (Automatic Guided Vechile).

Email : marketing@adiyasa.com; adiyasaabadi@gmail.com

Telp : (021) 8260 7028 (Hunting)

 

HP Marketing :

  1. 0821 2560 1552 (Simpati)
  2. 0821 2560 1550 (Simpati)
  3. 0853 2264 7279 (As)
  4. 0813 1016 2011 (Simpati)
  5. 0821 1198 1269 (Simpati)
  6. 0816 1713 2815 (Indosat)

 

Kunjungi Website Utama : ptadiyasa.com | adiyasa.com | adiyasaabadi.com

Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 16 =